Senin, 14 Mei 2012

Golongan Obat Antidiabetes

Golongan Obat Antidiabetes

1. Golongan Sulfonilurea
Derivat sulfonilurea bekerja dengan cara merangsang sel β-pulau Langerhans untuk mengeksresikan insulin. Obat golongan ini tidak berguna bila diberikan pada penderita DM tipe 1, karena pada penderita DM tipe 1 sel β-pulau langerhans sudah rusak, sehingga tidak dapat memproduksi insulin. Obat golongan ini dapat berguna bila diberikan pada penderita DM tipe 2 (Ganiswara et al, 1999).
2. Golongan Biguanid
Derivat biguanid mempunyai mekanisme kerja yang berlainan dengan derivat sulfonilurea, obat-obat golongan ini bekerja dengan cara mengurangi retensi insulin, sehingga glukosa dapat memasuki sel-sel hati, otot dan organ tubuh lainnya. Obat-obat yang termasuk golongan biguanid adalah Metformin, Phenformin dan Buformin (Silva, 2004).
3. Golongan Thiazolidinedion
Derivat thiazolidinedion bekerja dengan cara yang sama dengan derivat biguanid yaitu mengurangi retensi insulin, sehingga glukosa dapat memasuki sel-sel hati, otot dan organ tubuh lainnya. Obat yang termasuk golongan thiazolidinedion adalah Trogliatone (Silva, 2004).
Referensi :
Ganiswara, S.G.et.al. (1999). Farmaklogi dan Terapi. Edisi ke-4. Bagian Farmakologi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.
Silva, M.L. (2004) Diabetes Means Siphon! Insulin Comes from the Island. http://www.apol.net/dightonrock/diabetes_history.html. 10/05/2004

Tidak ada komentar:

Posting Komentar